Tips Merawat Rambut Beruban agar Tampak Sehat dan Berkilau

 

Tips merawat rambut beruban agar tampak sehat dan berkilau. Sumber: Freepik

Rambut beruban kerap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tak sedikit yang memilih untuk mengecat rambut beruban mereka untuk menyamarkan setiap helaian uban.

Dikutip dari Healthline, tubuh memiliki folikel rambut yang melapisi sel-sel kulit kepala. Folikel rambut memiliki sel pigmen yang dikenal sebagai melanin. Sel-sel ini berperan untuk memberi warna pada rambut.

Namun, seiring bertambahnya usia, folikel rambut bisa kehilangan pigmen yang dapat menghasilkan uban. Kondisi ini juga membuat rambut beruban terasa lebih kasar, tipis, dan sulit diatur.

Alih-alih mengecatnya, kamu bisa lho merawat rambut beruban agar terlihat lebih sehat dan berkilau. Yuk, simak selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari Stylecraze berikut ini.

1. Pilih sampo yang tepat

Ilustrasi sampo. Sumber: Freepik

Sampo yang tepat adalah kunci untuk rambut beruban yang sehat. Memilih sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut beruban dapat membantu mengubah rambut beruban yang kusam dan kusut menjadi berkilau.

Gunakan purple shampoo setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan penumpukan kotoran dan polusi. Purple shampoo adalah sampo toning yang menggunakan pigmen berwarna ungu untuk menghilangkan warna kuning pada rambut sekaligus berfungsi sebagai anti-orange.

2. Gunakan kondisioner yang sesuai

Rambut beruban biasanya mudah patah dan dapat menyerap pigmen dari produk perawatan rambut, terutama kondisioner. Kondisioner dengan pigmen kuning dapat membuat uban terlihat tidak berkilau dan menguning. Untuk menghindari perubahan warna ini, gunakan kondisioner yang khusus diformulasikan untuk rambut beruban.

Kondisioner rambut beruban memiliki bluish atau violet undertone yang membantu menyegel kutikula rambut untuk pancarkan kilau yang tahan lama.

3. Gunakan serum rambut

Serum rambut. Sumber: Freepik

Serum adalah produk perawatan rambut yang harus dimiliki jika kamu menginginkan kilau ekstra di rambut beruban. Serum membuat rambut beruban kamu tidak hanya terasa halus dan berkilau, tetapi juga lembut dan mudah diatur.

Selalu gunakan serum bening dan tidak berwarna seperti warna kuning. Ini akan menambah kilau pada rambut beruban tanpa memengaruhi undertone rambut.

4. Gunakan toner rambut

Rambut beruban cenderung berwarna kekuningan secara alami. Tetapi untuk membuatnya bersinar dan terlihat berkilau, rambut berubah harus memiliki bluish undertone.

Purple toner menetralkan warna kuning kusam pada rambut beruban. Rambut beruban menyerap pigmen dan memberikan warna silver dan platinum yang diinginkan.

5. Kurangi penggunaan alat penata panas

Ilustrasi alat catokan dan hair dryer. Sumber: Freepik

Rambut beruban lebih lemah dari rambut normal karena porositas rambut yang tinggi. Penggunaan alat penata rambut yang panas seperti hair dryer atau catokan secara berlebihan, akan membuatnya semakin rapuh, kering, dan kasar.

Oleh karena itu, gunakan alat penata panas pada pengaturan suhu terendah. Kamu juga dapat memilih gaya rambut yang tidak memerlukan alat penataan panas atau pengeriting rambut.

6. Gunakan sarung bantal berbahan satin

Rambut beruban mudah patah dan rapuh karena gesekan. Sarung bantal yang berbahan kasar dapat merusak rambut beruban setiap kali rambut ikut tergesek saat kamu tidur.

Oleh karena itu, gunakan sarung bantal berbahan satin untuk menjaga kerusakan rambut beruban seminimal mungkin. Kain satin yang lembut akan mencegah gesekan dan statis sekaligus mengurangi kemungkinan kerusakan rambut.

Kamu juga bisa menggunakan syal sutra untuk menutup rambut saat tidur. Cara ini akan membantu menjaga rambut beruban yang sehat dan berkilau.

7. Jaga pola makan sehat

Ilustrasi mengonsumsi sayuran.Sumber: Freepik

Menjaga kesehatan rambut beruban tidak hanya dari dalam, tetapi harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Memgonsumi makanan yang sehat sama pentingnya untuk meningkatkan kilau rambut beruban.

Rambut beruban yang sehat dan berkilau bisa kamu dapatkan dengan memenuhi asupan protein, lemak sehat, mineral, dan vitamin. Asupan ini memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk rambut dan kulit kepala.

Posting Komentar

0 Komentar

Night Mode