Tips Mencuci dan Merawat Celana Legging Agar Tidak Mudah Melar


Celana legging. Foto: Freepik

Siapa di antara kalian yang hobi menggunakan celana legging? Ya, celana legging memang sering dikenakan untuk aktivitas olahraga seperti yoga, meditasi, jogging, dan olahraga indoor lainnya. Karena bahannya yang lentur, tak heran banyak yang memakai celana legging dengan alasan kenyamanan.

Sifat celana legging yang lentur dan tipis membutuhkan perlakuan berbeda dengan pakaian lainnya. Meski terlihat sepele, mencuci celana legging secara asal dapat mengurangi tingkat kelenturannya. Alhasil, celana legging akan mudah melar, terlebih di area karet pinggang. Perawatan yang salah juga mendukung kerusakan celana legging.


Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui panduan mencuci dan merawat celana legging. Dikutip dari berbagai sumber, ini dia tips mencuci dan merawat celana legging agar tidak mudah melar. Simak selengkapnya di sini, ya!


Celana legging. Foto: Freepik

1. Hindari panas mesin cuci


Celana legging umumnya dibuat dengan bahan sintetis seperti olefin atau spandeks. Dikutip dari The Spurce, celana legging yang kotor, cukup dicuci dengan air dingin.


Hindari mencuci celana legging dengan air panas atau mengeringkannya menggunakan mesin pengering dengan suhu tinggi. Ini penting agar kelenturannya tetap terjaga.


2. Cuci terpisah


Celana legging yang terbuat dari serat sintetis sebaiknya tidak dicuci dengan pakaian lainnya. Mulai dari handuk, jeans, dan kaus berbahan katun.


Sebab, serat kapas pada serat sintetis akan ikut tertarik dan membentuk bola-bola kecil di seluruh permukaan celana legging. Oleh karena itu, cuci celana legging secara terpisah atau bersamaan dengan pakaian yang berbahan sama.


Kamu juga bisa membalikkan bagian dalam celana legging untuk mengurangi gesekan pada lapisan luar.


3. Cuci dengan lembut


Agar tidak cepat melar, celana legging perlu dicuci dengan lembut. Tak menjadi masalah jika kamu ingin mencucinya dengan mesin cuci. Akan tetapi, pilihlah siklus yang lembut dan pengaturan putaran mesin cuci yang lebih rendah.


Hindari memeras celana legging terlalu kasar atau berlebihan. Jika tidak, serat sintetis akan meregang sehingga celana legging jadi mudah melar.


Mencuci celana legging. Foto: Freepik

4. Jangan berlebihan menggunakan deterjen


Ladies, jangan berasumsi semakin banyak deterjen yang dituang, maka semakin bersih pakaian. Tentu itu adalah pemikiran yang salah. Menggunakan terlalu banyak deterjen memungkinkan celana legging terasa kaku, lengket, dan bau.


Lebih parah, sisa deterjen yang menempel juga dapat menyebabkan iritasi kulit di beberapa tempat yang sangat sensitif. Pilihlah deterjen berkualitas tinggi yang mengandung enzim yang dibutuhkan untuk menghilangkan minyak tubuh dan noda.


5. Hindari penggunaan pelembut kain


Pelembut kain akan membuat celana legging terasa lebih halus dengan melapisi serat dengan bahan kimia. Bahan kimia yang tertinggal akan mengurangi sifat wicking dari kain di celana leggingmu.


Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari tahapan mencuci celana legging menggunakan pelembut kain.


Ilustrasi pelembut pakaian. Foto: Freepik

6. Hindari menjemur di bawah sinar matahari


Menurut laman Cosmopolitan, sebaiknya keringkan celana legging secara manual dengan dianginkan. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari jika tak ingin warna celana legging memudar. Pastikan untuk membaringkannya dengan rata. Jika kamu menggantungnya, berat air dapat meregangkan celana legging, membengkokan bentuknya, dan membuatnya menjadi tidak pas saat kamu kenakan.


7. Jangan disetrika


Jika celana legging sudah kering, kamu tak perlu menyetrikanya, Ladies. Bahannya yang ketat dan mencengkram kulit akan terlihat licin meski tak disetrika. Sebaliknya, panas dari alat setrika bisa membuat celana legging cepat rusak.


8. Lipat legging


Menyimpan legging tak bisa dilakukan sembarangan. Agar tak mudah melar, lipat celana legging dengan baik dan taruh dalam lemari.


Hindari menggantung celana legging terlalu lama dalam lemari karena bisa merusak serat kain. Kamu hanya perlu melipatnya dan celana legging akan tetap aman meski tersimpan dalam waktu yang cukup lama. 


Seberapa sering celana legging harus dicuci?


Celana legging. Foto: Freepik

Pasti kamu bertanya-tanya seberapa sering celana legging yang dikenakan harus dicuci? Jawabannya, setiap pakaian yang menyentuh langsung pada kulit harus dicuci setelah setiap pemakaian.


Terlebih, pakaian ketat yang bisa mengumpulkan bakteri dan spora ragi dari kulit. Jangan salah, bakteri ini tetap ada pada pakaian dan dapat berkembang biak sampai pakaian tersebut dicuci. Bakteri yang menempel pada serat bisa menyebabkan bau.


Jadi, penting untuk selalu mencuci celana legging setelah pemakaian.

Posting Komentar

0 Komentar

Night Mode