Kenali 10 Penyebab Rambut Bau Apek dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi rambut bau apek. Sumber: Freepik

Beauties, tentu kamu tahu penampilan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh pakaiannya saja, tetapi juga kondisi rambut. Namun, ada kalanya kondisi rambut mengalami masalah seperti, rambut kering, ketombe, pecah-pecah atau mengeluarkan bau apek. Rambut yang berbau tentunya mengganggu diri sendiri, bahkan juga dapat mengganggu orang lain menjadi risih.

Dikutip dari Skin Kraft, alasan utama kulit kepala dan rambut mengeluarkan bau apek karena kelebihan sebum; zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous dan sel-sel kulit mati yang hinggap di kulit kepala. Akibat sebum dan keringat yang menumpuk di kulit kepala, pada akhirnya menciptakan tempat berkembang biaknya bakteri sehingga rambut menjadi bau.

Agar lebih waspada, kamu perlu mengenal penyebab rambut bau apek selengkapnya dan cara mengatasi permasalahan tersebut seperti yang telah dirangkum berikut ini.

1. Jarang mencuci rambut

Salah satu penyebab rambut mengeluarkan bau apek adalah karena jarang mencuci rambut. Ketika ini terjadi, sebum akan menumpuk di kulit kepala sehingga rambut menjadi bau. Bagi kamu yang memiliki kulit kepala berminyak atau rambut tipis, disarankan untuk mencuci rambut menggunakan sampo setiap dua hari sekali. Hal ini untuk menjaga kadar sebum agar tetap terkendali.

2. Rambut berkeringat

Ilustrasi rambut berkeringat. Sumber: Freepik

Keringat di kepala adalah penyebab umum rambut menjadi bau. Ketika kamu berkeringat di kepala dalam jumlah hal banyak, keringat dapat membasahi rambut yang membuatnya menjadi lembap dan bau. Untuk itu, kamu perlu membilas rambut secepatnya. Hal ini untuk mencegah penumpukan lapisan keringat dan sebum di permukaan kulit kepala. Apalagi bagi kamu yang memiliki kulit jenis berminyak. Sebum yang dihasilkan bisa menyumbat pori-pori.

3. Polusi

Polusi yang berterbangan di udara dapat mengendap di kulit kepala dan menyebabkan rambut menjadi bau. Polusi akan bercampur dengan sebum di kulit kepala sehingga mengeluarkan bau apek yang menyengat dari rambut, terlebih jika kamu membiarkan rambut terurai tanpa ditutupi alas kepala.

4. Stres

Ilustrasi perempuan mengalami stres. Sumber: Freepik 

Penyebab rambut mengeluarkan bau apek selanjutnya adalah kondisi stres. Saat kamu mengalami stres, maka fungsi hormon di dalam tubuh akan terganggu yang dapat menyebabkan produksi sebum menjadi lebih banyak hingga iritasi di kulit kepala.

5. Diet

Ladies, tahukah kamu kalau kulit kepala bisa bereaksi terhadap makanan yang mengandung bau setelah kita konsumsi? Faktanya, makanan seperti bawang merah dan bawang putih yang mengandung minyak dapat dikeluarkan melalui kulit kepala. Hal ini menyebabkan rambut mengeluarkan bau apek.

6. Memakai topi terlalu lama

Meskipun menutupi rambut dengan topi saat kamu berada di bawah sinar matahari adalah hal yang penting, ini bisa menjadi hal yang buruk jika kamu menggunakannya untuk waktu yang terlalu lama. Sebab, hal ini dapat meningkatkan produksi keringat di kulit kepala sehingga rambut menjadi bau.

7. Masker rambut

Ilustrasi perempuan memakai masker rambut. Sumber: Freepik


Tentu kamu merasa senang ‘kan memanjakan rambut dengan menggunakan masker? Tetapi, masker rambut bisa menjadi penyebab rambut mengeluarkan bau apek jika kamu menggunakan masker yang mengandung bahan seperti bawang dan telur.

8. Kondisi kulit


Kondisi kulit seperti ketombe umumnya menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi bau. Ketombe terjadi akibat penumpukan sel kulit mati yang rontok menjadi serpihan kecil dan kering. Kulit kepala yang teriritasi karena ketombe menjadi tempat berkembang biaknya bakteri sehingga rambut mengeluarkan bau apek.


9. Mencuci rambut dengan air panas


Mencuci rambut dengan air yang sangat panas dapat menghilangkan dan mengganggu keseimbangan sebum. Setelah sebum dihilangkan, hal ini menandakan kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga kulit kepala dan rambut menjadi bau.

10. Produk perawatan rambut berbahan kimia


Ilustrasi produk perawatan rambut berbahan kimia. Sumber: Freepik


Residu dari produk perawatan rambut berbahan kimia dapat mengganggu keseimbangan sebum di kulit kepala dan meninggalkan bau apek pada rambut. Untuk itu, kamu harus memilih produk kondisioner, sampo, serum, dan masker yang mengandung bahan-bahan lembut, seperti berbahan alami atau organik.


Cara mengatasi rambut bau apek


Setelah kamu mengetahui penyebab rambut mengeluarkan bau apek, kamu perlu mengatasinya dengan berbagai cara, seperti yang telah dirangkum berikut ini.


1. Melakukan perawatan rambut 


Adapun cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rambut bau apek adalah melakukan perawatan rambut secara rutin. Pastikan kamu memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Setelah itu, tetapkan jadwal untuk melakukan perawatan ini agar kamu dapat melakukannya dengan rutin.


Kamu juga dapat melakukan perawatan rambut dengan metode alami yang dianggap efektif menghilangkan bau apek, seperti menggunakan bahan rumahan berikut ini.


  • Jus lemon

Lemon adalah buah yang mengandung antimikroba dan mengeluarkan aroma segar di kulit kepala. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan 2 sendok teh jus lemon dengan secangkir air hangat. Cuci rambut terlebih dahulu sebelum kamu menuangkan campuran ini ke kulit kepala dan rambut. Biarkan beberapa menit dan bilas setelahnya dengan bersih menggunakan air dingin.


  • Minyak esensial

Tak hanya lemon, minyak esensial juga mengandung antimikroba dan dapat mengeluarkan bau yang menenangkan di kulit kepala. Campurkan beberapa tetes minyak esensial, seperti pohon teh dengan minyak pendukung lainnya, seperti minyak almond atau jojoba dan oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit dan cuci menggunakan sampo hingga bersih.


2. Produk perawatan rambut khusus


Jika kandungan sampo atau produk perawatan rambut lainnya menjadi penyebab kulit kepala atau rambut bau, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalahmu. Dokter mungkin akan memberikan beberapa produk perawatan rambut khusus berdasarkan kulit kepala, jenis rambut, dan masalah rambutmu.


Mengapa rambut masih mengeluarkan bau meskipun telah dicuci?


Ilustrasi rambut perempuan. Sumber: Freepik

Jika rambut masih mengeluarkan bau apek dalam beberapa jam setelah dicuci, mungkin kamu mengalami smelly hair syndrome atau sindrom rambut bau, yaitu gangguan kelenjar minyak yang bisa menyebabkan tingkat produksi minyak berlebih pada kulit kepala.


Meskipun kamu sedang menggunakan produk perawatan rambut yang beraroma wangi, tetapi bau dari kulit kepalamu akan tetap kuat. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan metode pengobatan yang lebih baik.


Posting Komentar

0 Komentar

Night Mode