7 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

Ada banyak manfaat mengonsumsi air putih untuk kecantikan kulit. Sumber: Freepik

Apakah selama ini kamu termasuk orang yang rajin minum air putih atau meminumnya ketika ingat saja? Ya, minum air putih dengan jumlah yang cukup tidak hanya mengganti kadar air yang hilang dan membantu tubuh tetap berfungsi dengan optimal, melainkan juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Sayangnya, aktivitas yang padat membuat kebanyakkan orang tidak begitu memperhatikan jumlah air putih yang mereka minum. Padahal, National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, menyarankan bahwa setiap hari perempuan membutuhkan sekitar 2,7 liter (11 gelas air putih) dan laki-laki membutuhkan sekitar 3,7 liter (16 gelas air putih).

Seseorang yang kurang minum air putih membuat tubuhnya rentan mengalami dehidrasi. Faktanya, kondisi dehidrasi mempengaruhi kondisi kulit tubuh maupun wajah. Dehidrasi yang tidak segera diatasi dapat mengakibatkan tanda-tanda penuaan dini muncul lebih cepat. Untuk itu menjadi penting minum air putih dengan jumlah yang cukup.

Lantas, apa saja manfaat manfaat minum air putih untuk kecantikan kulit selengkapnya? Temukan jawabannya sebagaimana telah dirangkum dari Skin Kraft berikut ini.

1. Meratakan warna kulit

Warna kulit perempuan. Sumber: Freepik

Minum air putih dalam jumlah yang cukup membantu tubuh membuang racun sekaligus meningkatkan kesehatan kulit. Kotoran yang menyumbat pori-pori kulit pun terangkat dan kulit jadi tampak lebih segar.

Menurut penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine pada tahun 2007, minum dua gelas air putih dapat meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga meratakan warna kulit.

2. Menjaga keseimbangan pH tubuh

Ladies, menjaga keseimbangan pH tubuh sangatlah penting. Kondisi pH yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan fungsi organ dan kerja metabolisme tubuh.

PH zat apapun berkisar dari 0-14 dengan 14 mengandung paling basa dan 0 sangat asam. Nilai pH 7 adalah netral, ini merupakan nilai pH yang tepat dari air putih.

Menjaga keseimbangan pH tubuh bisa kamu dapatkan dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kulit akan tampak bersinar dari dalam dan luar serta bebas dari noda.

3. Mengurangi bengkak

Saat kulit terlihat bengkak, sebenarnya itu adalah kondisi di mana wajah menahan air untuk melindungi dari dehidrasi. Ini terjadi ketika kamu tidak cukup minum air putih. Meningkatkan tingkat hidrasi tubuh akan mengurangi bengkak di area wajah.

4. Mencegah jerawat

Ilustrasi perempuan dengan kulit sehat. Sumber: Freepik

Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu menyeimbangkan kandungan minyak dan air pada kulit wajah. Ini akan mencegah sekresi minyak dan sebum berlebih, yang artinya lebih sedikit pori-pori tersumbat dan jerawat.

Jerawat dewasa biasanya muncul karena gaya hidup yang sibuk dan kurangnya hidrasi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa empat hingga 6 orang dari 100 kelompok usia 20-40 memiliki jerawat.

5. Mengurangi kulit gatal di area wajah

Seseorang yang memiliki kulit kering memang rentan terhadap gatal. Kondisi ini bahkan dapat mengembangkan serpihan kering dan retak karena kurangnya kelembapan.

Tidak jarang juga kondisi ini disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengurangi kulit kering hingga gatal.

6. Mencegah penuaan dini

Merujuk laman Healthline, kurang minum air putih membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Faktanya, dehidrasi mempengaruhi kondisi kulit tubuh maupun wajah. Dehidrasi yang tidak segera diatasi dapat mengakibatkan tanda-tanda penuaan dini muncul lebih cepat.

Mulai saat ini, cobalah untuk menerapkan kebiasaan minum air putih yang cukup. Sebab, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit agar tetap lembab lebih lama.

Elastisitas yang meningkat pada kulit menyiratkan kulit kendur yang tertunda serta mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dini.

7. Kulit lebih kencang

Ilustrasi perempuan minum air putih. Sumber: Freepik

Karena penurunan berat badan yang datang secara tiba-tiba, kulit bisa mulai kendur. Untuk mencegah kulit kendur dan mengencangkannya di area yang kendur menonjol, seperti lengan atas, paha, pinggang, dan garis rahang, air minum membantu mengembalikan elastisitas kulit.

Nah, itulah tujuh manfaat air putih untuk kecantikan kulit. Tak peduli apapun kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan, pastikan tidak melewatkan rutinitas yang satu ini, ya.

Posting Komentar

0 Komentar

Night Mode